Komparasi Honda New Vario 110 FI vs Yamaha Soul GT April 29, 2014
Posted by prasetyo676 in Honda, Yamaha.Tags: new vario 110 FI, Soul GT
trackback
Prast 676 – Salam penuh semangat brother dan sister, semoga dalam keadaan sehat dan lancar dalam menjalankan aktifitas.
Kali ini akan kita bahas komparasi antara Honda New Vario 110 FI vs Yamaha Soul GT. Hal ini sangat dibutuhkan bagi para biker yg sedang tertarik untuk meminang motor matic berkapasitas mesin 110-115 cc dengan budget 15 jt an rupiah.
Komparasi dua motor matic ini dilakukan oleh team tabloid Otomotif (edisi 52:XXIII). Jadi, bagi para sobat yg belum membacanya dapat menyimak ulasan yg sudah saya rangkum berikut ini.
Desain :
Dari segi desain, Honda New Vario 110 FI terlihat lebih elegan dan kalem, apalagi dengan tampilan sorot headlamp LED nya yg terlihat mewah dan sorot lampu yg terang.
Sedangkan Yamaha Soul GT yg tampilan body dan lampu depannya terinspirasi muscle car Amerika, terlihat gagah dengan desainnya yg tegas.
Fitur dan teknologi :
Honda New Vario 110 FI dilengkapi beberapa fitur, antara lain ; bagasi berkapasitas 13 liter, konsol depan yg lebih besar, kunci kontak berpengaman magnet (SKS), tombol pembuka jok yg sudah terintegrasi, parking brake lock (PBL), side stand switch (SSS), rem yg sudah mengaplikasi combi brake system (CBS), headlamp LED (pertama di Indonesia) dan answer back system, serta hook barang yg dapat dilipat saat tidak digunakan.
Selanjutnya, Honda New Vario 110 FI juga dilengkapi dengan teknologi pengabut bahan bakar injeksi, PGM-FI.
Yamaha Soul GT terlihat agak minim dari segi fitur, karena hanya dilengkapi dengan ; bagasi berkapasitas 8 liter, konsol kecil di bawah setang, kunci kontak berpengaman magnet (SKS) berikut dengan pembuka jok-nya, smart lock pada handle rem, angle eye pada headlamp. Yamaha Soul GT juga dilengkapi dengan teknologi forged piston, Di ASil cylinder, dan sistem pengabut bahan bakar YMJet-FI.
Riding position :
Honda New Vario 110 FI memiliki jok yg cukup rendah, namun dek agak tinggi, sehingga posisi lutut hampir rata dengan paha, dek agak sempit dan busa jok agak kaku.
Yamaha Soul GT mempunyai posisi duduk yg lebih santai, dek rendah yg dikombinasikan setang yg agak tinggi, dek lebih luas dan busa jok empuk, sehingga menunjang kenyamanan.
Performa :
Performa kedua motor ini ditest oleh satu orang tester dengan postur tinggi badan 173 cm, bobot 65 kg, dan panjang lintasan 1 km. Alat ukur yg digunakan adalah Racelogic.
Honda New Vario 110 FI mempunyai performa yg terlihat lebih unggul, data yg didapat berdasarkan hasil test adalah sebagai berikut :
Akselerasi :
0-60 km/jam : 6.3 dtk
0-80 km/jam : 12.6 dtk
0-100 m : 8.3 dtk
0-201 m : 13.2 dtk
0-402 m : 21.5 dtk
Top speed (on speedometer) : 102 km/jam
Yamaha Soul GT berdasarkan hasil test yg telah dilakukan, performanya adalah sebagai berikut :
Akselerasi :
0-60 km/jam : 7.5 dtk
0-80 km/jam : 15.1 dtk
0-100 m : 8.9 dtk
0-201 m : 13.9 dtk
0-402 m : 22.5 dtk
Top speed (on speedometer) : 100 km/jam
Melihat data komparasi di atas, Honda New Vario 110 FI unggul secara performa di segala sisi, baik akselerasi maupun top speed.
Contoh, untuk akselerasi 0-80 km/jam, New Vario 110 FI hanya membutuhkan waktu 12.6 dtk saja, sedangkan Soul GT memerlukan waktu yg cukup lama, yaitu 15.1 dtk.
Faktor akselerasi ini akan terasa saat kita berkendara stop and go di kepadatan atau kemacetan lalu lintas.
Handling :
Honda New Vario 110 FI memiliki bobot 95 kg, ban lebih lebar, yaitu 80/90-14 untuk depan, dan 90/90-14 untuk bagian belakang. Handling terasa enak, tetapi sedikit di bawah Soul GT, namun redaman suspensi New Vario 110 FI terasa lebih nyaman, karena lebih empuk.
Yamaha Soul GT memiliki bobot 93 kg, ban agak imut dengan ukuran 70/90-14 untuk depan, dan 80/90-14 untuk bagian belakang.
Handling terasa ringan dan lincah, sasis sangat mendukung untuk melakukan manuver, namun redaman suspensi tergolong agak keras ketika melewati jalan rusak, bahkan guncangan cukup terasa di setang dan jok.
Konsumsi bensin :
Metode pengetesan yg dilakukan adalah dengan menggunakan kedua motor tersebut untuk riding harian di jalanan kota.
Hasilnya adalah sebagai berikut :
Honda New Vario 110 FI : 42.5 km/liter
Yamaha Soul GT : 41.3 km/liter
Harga :
Karena memiliki lebih banyak fitur, Honda New Vario 110 FI memiliki harga sedikit lebih tinggi dari Yamaha Soul GT.
Untuk acuan harga on the road (OTR) Jakarta adalah sebagai berikut :
Honda New Vario 110 FI : 15.2 jt rupiah
Yamaha Soul GT : 14.75 jt rupiah.
(Note : Harga per April 2014)
Kesimpulan :
Honda New Vario 110 FI memiliki fitur yg lebih lengkap, performa lebih superior, suspensi lebih nyaman dan empuk, serta konsumsi bensin lebih irit, tentu menjadi sang penantang serius bagi Yamaha Soul GT.
Yamaha Soul GT memang memiliki fitur yg lebih sedikit, performa sedikit inferior, dan konsumsi bensin sedikit lebih banyak dari Honda New Vario 110 FI, namun memiliki kelebihan di sektor dek yg luas, jok empuk yg nyaman, dan handling yang lincah.
Last, pilihan ada di tangan sobat, dari uraian komparasi di atas, tentu dapat dinilai motor yg pantas untuk dimiliki.
Semoga artikel ini bermanfaat.
(Prast)
tambhan,
suspeni honda lbh empuk juga dibanding mio
https://masdaniblog.wordpress.com/2014/04/29/inilah-makna-dari-tanda-panah-di-simbol-bbm/
SukaSuka
Siip, makasih mas tambahannya.
SukaSuka
Joknya gimana kah komparasinya?
http://cahyadip.wordpress.com/2013/01/18/oldpost-cbr150r-rwb-rapopo/
SukaSuka
Vario 110 FI jok agak kaku, Soul GT jok lebih empuk.
SukaSuka
Sip jos, karakternya begitu pada umumnya
http://cahyadip.wordpress.com/2013/01/18/oldpost-cbr150r-rwb-rapopo/
SukaSuka
Iya ya. Dah jadi karakter umum.
SukaSuka
Jok di pcx150 aku juga sepertinya kurang empuk dibanding dulu yg xeon awal
SukaSuka
Kayaknya dah jadi ciri khas.
SukaSuka
Nah itulahhh
SukaSuka
Apa udah jadi trademark masing masing pabrikan ya.
Pabrikan A jok keras, shockbreaker empuk.
Pabrikan B jok empuk, shockbreaker keras.
Jadi adil gitu. 😀
SukaSuka
Ada yg punya jok ori ga buat vario 2015 110 fi,
kalo di ahas ada gak ya, dan berapa paling harganya?
SukaSuka
matic yamaha semua nya imut & bantet 😀 http://ridertasik.wordpress.com/2014/04/29/new-vixion-dual-purpose-part-2/
SukaSuka
Montok berarti.. 🙂
SukaSuka
ane vote vario
SukaSuka
Siip mas. Bayarin langsung nih. Hehehe.. 🙂
SukaSuka
Mana mana… asik di bayarin….
SukaSuka
Waduh, dompet mana ya.. hihi.
SukaSuka
Haiyahhh….
SukaSuka
😀
SukaSuka
mending jok rada keras daripada suspensi yang keras.. pakai mio goncangan terasa sampai leher.. kalau jok yang keras lebih murah benahinya dari pada ganti suspensi..
SukaSuka
Siip, makasih sharingnya mas.
Memang, klo untuk ngatasi jok keras, lebih mudah, tinggal ganti busa jok yg lebih empuk.
Makasih dah mampir.
SukaSuka
aku punya soulGT juga parah suspensinya 😆
SukaSuka
Sip, Sharing langsung dari penggunanya nih.
Klo aku cuma pernah pinjam Soul GT punya temen, ya memang seperti itu juga.
SukaSuka
Dan normalnya kita harus apgret sendiri 🙂
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/29/mobil-murah-untuk-gaet-ayam-kampus/
SukaSuka
Iya begitu bisanya bro. 🙂
SukaSuka
vote soul GT… lebih Tampan dan Maskulin 😎
SukaSuka
Siip, kayak mucle car amerika ya.. terlihat garang, apalagi klo angel eye nya dah dimodif.
Makasih dah mampir.
SukaSuka
Yoi… Mirip cevy camaro ZL1″bumblebee” apalagi kalau ada warna kuning stripe hitam plus mesin 125cc…
SukaSuka
Garis desainnya memang mirip Chevrolet Camaro.
SukaSuka
mirip apanya sama camaro? jadi bingung
SukaSuka
Bentuk lampu depan Soul GT yg agak masuk ke dalam, mirip model Chevrolet Camaro.
SukaSuka
Because I’m pario jadi milh Primavera… Ehhhh Vario saja.. Hehe 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/29/mengapa-rossi-lebih-keren-dari-marquez-karena-rossi-punya-selebrasi-unik/
SukaSuka
Siip joss. Primavera kayak punya bang Kobay, keren tuh. 😀
SukaSuka
jelas menang fitur Vario
SukaSuka
Iya memang Vario banyak banget fiturnya. Yamaha perlu mempertimbangkan fitur 2 tersebut pada motor maticnya di masa datang, karena konsumen suka motor yg memiliki kelengkapan fitur lebih banyak, tidak hanya model saja yg dipertimbangkan.
Makasih dah mampir mas.
SukaSuka
Titip masbro
—–
http://nyobamoto.com/2014/04/29/yang-mau-langganan-artikel-dari-nyobamoto-com-di-androidnya-silakan-download-dan-install/
SukaSuka
Silahkan mas Wiro.
Makasih dah mampir mas.
SukaSuka
mantaf nih komparasinya, sayangnya kalo buat ane mesinnya masih kurang gahar, maklum bobot agak berat
titip mas http://motogokil.com/2014/04/29/walau-bagaimanapun-balapan-motor-bebek-masih-banyak-manfaatnya/
SukaSuka
Iya mas, klo buat harian dah lumayan cukup sih.
Makasih mas dah mampir.
SukaSuka
Honda irit.. Yamaha kencang
Simak secara detail Yamaha Vixion “Daytona Proven Performance” saat berlaga di IP 150 Indoprix 2014 http://motobikerz.com/archives/3924
SukaSuka
Sekarang dah berimbang. 🙂
SukaSuka
sayang di sportnya ahm kurang serius neh.. kurang greget mas bro….:)
SukaSuka
Iya mungkin masih fokus utama di matic, soalnya penyumbang penjualan terbesar. 🙂
SukaSuka
sambil Nyimak Numpang Promosi Gan, kami Toko Aksesoris Motor menjual produk Bordes Beat Fi Yoshimura . Terima kasih.
SukaSuka
saya lebih percara komparasi itb ,karena saya dan teman 2 udah buktiin sendiri lebih irit yamaha soul gt dibanding vario fi .gt49km sdg vario 41km
SukaSuka
mslah speed, tidak sepenuhnnya benar, karena selisih speed asli dgn speedometer cukup besar, untuk VARIO 8%, utk MIO 5%, jadi top speed sebenarnya vario hanya 93km/jam, untk soul 95km/jam.
SukaSuka